» » » » » Puasa Sehat Selama Ramadhan



Seluruh umat muslim di tanah air memasuki bulan Ramadan. Penting untuk menjaga tubuh tetap sehat agar kita bisa lancar beribadah di bulan suci ini.


Salah satu hal yang penting diperhatikan saat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa adalah asupan makanan kita. Berkaitan dengan hal tersebut, dr Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI berbagi delapan tips sehat yang bisa diterapkan selama bulan Ramadan ini.

1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Kedua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat sehingga mendatangkan rasa haus meski tak dehidrasi.

2. Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan berserat tinggi saat sahur dan berbuka puasa. Seperti misalnya gandum, padi-padian, nasi merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Disarankan untuk memilih kurma sebagai takjil (hidangan berbuka puasa) karena mengandung gula, serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa bisa perlahan terpenuhi dengan kurma.

4. Selain kurma, mengonsumsi pisang saat berbuka puasa juga baik bagi tubuh karena merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.

5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka karena bisa meningkatkan lemak dalam tubuh. Bagi lansia dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi sajian yang digoreng karena lansia cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak seperti jantung, hipertensi, dan jantung koroner.

6. Batasi makanan yang cepat dicerna seperti gula. Makanan tersebut mudah mendatangkan rasa haus ketika berpuasa.

7. Konsumsi air atau jus buah di antara waktu berbuka dan sebelum tidur. Air dan jus buah bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga Anda bisa beraktivitas dengan baik keesokan hari meski sedang berpuasa.

8. Hindari banyak minum es saat buka puasa. Minum es membuat Anda mudah merasa kenyang, dengan demikian asupan makanan bergizi lengkap cenderung berkurang.


Sumber:
http://ramadan.liputan6.com/read/2524256/panduan-puasa-sehat-selama-ramadan

Tentang Unknown

Seorang kontributor blog yang aktif jadi pengembang konten sekolah atau konten pendidikan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Balik
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Beri komentar